You are currently viewing Sistem Distribusi “Next Level” – Yuk Eksplor Fitur Baru Distri!

Sistem Distribusi “Next Level” – Yuk Eksplor Fitur Baru Distri!

Table of Contents

Anda meminta, Distri mendengarkan. 

Sistem distribusi yang tepat sangat mempengaruhi kelancaran bisnis. Jika kegiatan operasional harian bisnis berjalan efektif dan efisien, keseluruhan aktivitas bisnis dapat berjalan dengan lebih mudah dan terorganisir. Dampaknya? Bisnis bisa lebih fokus untuk meningkatkan penjualan.

Selain pengelolaan inventory, beberapa keluhan pelanggan dalam mengelola bisnis yang paling sering dijumpai salah satunya adalah manajemen akuntansi bisnis. Bisnis seringkali harus menggunakan sistem akuntansi terpisah karena sistem distribusi yang mereka gunakan saat ini tidak memiliki fitur akuntansi. Jika sudah ada pun, fitur-fitur yang ditawarkan masih belum mampu menjawab kebutuhan akuntansi bisnis, terutama di luar penjualan harian.

Setelah banyak mendengar tentang kebutuhan tersebut, beberapa bulan terakhir ini Distri bekerja keras untuk mewujudkan keinginan para pelaku bisnis dengan terus menyempurnakan layanan kami. Kini, Sistem Distribusi Distri dilengkapi dengan beberapa fitur penunjang tambahan.

Dengan bangga, kami persembahkan fitur-fitur terbaru Distri untuk menjawab keresahan Anda…

1. E-faktur (Sistem Distribusi)

Pengusaha Kena Pajak (PKP) setiap tahunnya diwajibkan untuk melaporkan SPT Tahunan dan melampirkan faktur (elektronik atau manual) sebagai bukti bahwa PKP tersebut telah melakukan pemungutan pajak dari setiap transaksi penjualan barang atau jasa kena pajak yang mereka lakukan.

DJP sudah mewajibkan pembuatan e-Faktur secara nasional sejak 1 Juli 2016. Jika semua penjualan bisnis dalam setahun, yang mungkin mencapai puluhan, ratusan, bahkan ribuan harus dibuat ulang sesuai dengan format pelaporan DJP, tentu akan memakan banyak waktu. 

Dengan fitur e-Faktur dalam sistem distribusi Distri, semua penjualan yang telah tercatat dalam sistem akan dibuatkan faktur penjualan secara otomatis yang nantinya dapat didownload dalam format csv (sesuai persyaratan DJP) yang siap di-upload langsung ke aplikasi pajak/e-faktur DJP.

Faktur Pembelian: Definisi, Keunggulan, dan Perlakuan Pajak dalam Bisnis

2. Expense (Sistem Distribusi)

Pendapatan bisnis memang dihasilkan dari penjualan, namun di balik hal itu, terdapat biaya-biaya operasi yang mendukung dihasilkannya pendapatan. Misalnya, biaya sewa kantor, pengeluaran untuk iklan, transportasi, pembelian aset, dan lain sebagainya.

Expense atau pengeluaran digunakan untuk menghitung laba bersih. Karena itu, pencatatan pengeluaran ini sangat penting untuk mengetahui seberapa besar keuntungan penjualan sesungguhnya.

Dengan fitur Expense pada sistem distribusi Distri, pembayaran vendor, reimbursement karyawan, hingga beban operasional yang ditanggung perusahaan tercatat secara detail dan akurat, disertai dengan bukti pembayaran. Supervisor dapat langsung menyetujui atau menolak pengeluaran yang telah diajukan. Pengeluaran yang disetujui akan secara otomatis dibukukan dalam jurnal akuntansi.

"Next Level" Distribution System - Let's Explore New Distribution Features!

3. Credit Note (Sistem Distribusi)

Tidak semua kegiatan transaksi jual beli selalu berjalan dengan mulus. Seringkali terjadi retur karena beberapa alasan, seperti barang rusak atau tidak sesuai deskripsi. Pengembalian barang atau retur adalah hal yang biasa terjadi dalam dunia bisnis. 

Retur penjualan dapat dilakukan dengan menukarkan produk yang bermasalah dengan produk baru dan pengembalian berupa uang ke pembeli dengan jumlah sesuai produk yang diretur. Namun, sebenarnya nilai barang yang diretur juga dapat dialihkan untuk pembayaran ke faktur lain sehingga utang pihak pembeli kepada penjual menjadi berkurang.  

Dengan fitur credit note Distri, Anda dapat membuat nota kredit secara manual maupun otomatis dari retur produk, dan potong sisa piutang customer secara  langsung. Misalnya, pembeli melakukan retur barang senilai Rp200.000 sedangkan ia masih memiliki faktur yang belum dibayar senilai Rp1.000.000. Nah, Anda dapat membuat nota kredit senilai Rp200.000 dan mengalokasikannya ke faktur yang belum dibayar. Jadi pembeli tinggal melunasi sisa utang senilai Rp800.000. 

Tak hanya retur, Anda juga dapat menggunakan nota kredit ini ketika terjadi hal-hal seperti kelebihan pembayaran, perbedaan harga, kesalahan nominal pada nominal faktur, dan lain sebagainya.  

"Next Level" Distribution System - Let's Explore New Distribution Features!

Informasi akuntansi dan keuangan sangat dibutuhkan oleh perusahaan sebagai dasar pengambilan keputusan bisnis. Tak hanya pihak internal perusahaan, informasi keuangan bisnis juga dibutuhkan oleh pihak luar perusahaan seperti calon investor, kreditur, hingga kantor pajak. Oleh karena itu, penting bagi bisnis untuk mencatat segala sesuatu terkait keluar masuknya uang di perusahaan dengan akurat dan sedetail mungkin. 

Inilah alasan utama Distri terus memperbarui dan meluncurkan berbagai fitur penunjang manajemen distribusi guna mempermudah perolehan informasi keuangan bisnis yang terperinci. Berangkat dari berbagai fitur unggulan yang telah Distri miliki, seperti pembukuan & laporan keuangan, manajemen faktur (invoice), sales & purchase order, hingga product return yang terintegrasi langsung ke berbagai aktivitas distribusi dan keuangan bisnis, hadirlah inovasi baru penunjang fitur manajemen distribusi yang telah ada.

Sudah banyak yang berubah sejak pertama kali Anda mengunjungi Distri. Explore fitur-fiturnya sekarang! Anda akan menyukainya!

Klik Di Sini untuk Hubungi Sales Representatif Kami Sekarang!

FAQ

1. Bagaimana Distri memastikan bahwa fitur-fitur baru yang diperkenalkan, seperti e-Faktur dan Expense, akan mudah diakses dan digunakan oleh pengguna tanpa memerlukan pelatihan tambahan?

Distri memastikan bahwa fitur-fitur baru yang diperkenalkan dirancang dengan antarmuka yang intuitif dan mudah dipahami bagi pengguna. Selain itu, mereka juga menyediakan dokumentasi lengkap dan tutorial yang dapat diakses pengguna untuk memahami cara menggunakan fitur-fitur baru tersebut tanpa perlu pelatihan tambahan.

2. Apakah Distri sebagai aplikasi salesman memiliki rencana untuk mengintegrasikan fitur-fitur baru ini dengan platform atau perangkat lunak lain yang sering digunakan oleh bisnis, seperti perangkat lunak akuntansi atau aplikasi perbankan?

Ya, Distri memiliki rencana untuk mengintegrasikan fitur-fitur baru mereka dengan platform atau perangkat lunak lain yang sering digunakan oleh bisnis. Hal ini bertujuan untuk memberikan pengalaman pengguna yang terpadu dan memudahkan bisnis dalam mengelola informasi keuangan dan distribusi mereka.

3. Bagaimana Distri sebagai aplikasi distribusi mengatasi kekhawatiran privasi dan keamanan data pengguna terkait dengan penyimpanan informasi keuangan dan transaksi bisnis yang sensitif di platform mereka?

Distri sangat memperhatikan privasi dan keamanan data pengguna. Mereka menerapkan standar keamanan tertinggi dalam penyimpanan dan pengolahan data pengguna mereka. Selain itu, mereka juga terus memperbarui sistem keamanan mereka untuk mengatasi ancaman keamanan yang berkembang.