Salah satu profesi menarik yang berkembang belakangan ini adalah sales promotor. Dalam sebuah bisnis, sales ini bertugas untuk mempromosikan suatu produk atau layanan kepada pelanggan potensial secara langsung. Sales promotor adalah elemen penting untuk mendukung pertumbuhan bisnis. Mari kenali tanggung jawab, kualifikasi, hingga gajinya!
Baca Juga: Sales GT Adalah: Pengertian, Manfaat, dan Tips Meningkatkan Penjualan
Sales Promotor Adalah

Apa sebenarnya arti dari sales promotor? Sales promotor adalah seorang profesional yang terlatih untuk menciptakan brand awareness atau mempromosikan merek dan produk kepada pelanggan potensial melalui pengadaan demo produk, penyebaran sampel, dan sebagainya. Dengan cara ini, minat audiens terhadap merek bisnis Anda pun semakin meningkat.
Umumnya sales promotor di berbagai lingkungan, mulai dari event besar, pusat perbelanjaan, toko retail, dan sebagainya.
Tugas dan Tanggung Jawab Sales Promotor

Dalam kesehariannya, sales promotor menjalankan berbagai tugas dan tanggung jawab esensial. Berikut di antaranya:
1. Menciptakan Brand Presence yang Positif

Tugas pertama yang diemban oleh seorang sales promotor adalah menciptakan brand presence yang positif kepada masyarakat. Hal ini bertujuan agar perusahaan bisa menjangkau lebih banyak calon prospek dan menarik minat mereka untuk membeli produk yang dijual. Dengan brand presence yang positif di mata audiens, maka tingkat kepercayaan mereka terhadap produk Anda pun meningkat.
2. Menyiapkan Display atau Booth Produk

Selain itu, sales promotor juga bertugas untuk menyiapkan display atau booth produk di suatu event atau acara. Mereka juga harus memastikan bahwa produk yang dipromosikan di display toko selalu tertata dan menarik dipandang.
Hal ini bertujuan agar bisa menarik perhatian dan rasa penasaran dari pengunjung. Tak hanya itu, sales promotor juga harus memonitor stok produk dan memastikannya agar selalu tersedia.
3. Membuat Rencana Promosi yang Menarik

Di sebuah event atau acara kolaborasi, sales promotor harus bisa membuat rencana promosi yang menarik agar bisa menggaet lebih banyak konsumen. Misalnya dengan menciptakan strategi promosi yang tepat dan jitu, mengatur acara pameran, mengadakan program loyalitas, promo penjualan khusus, dan sebagainya.
4. Memberikan Edukasi kepada Pelanggan

Adapun tanggung jawab dari seorang sales promotor adalah mengedukasi pelanggan yang melakukan komplain atas suatu produk atau layanan perusahaan. Sales promotor kemudian akan menindaklanjuti keluhan tersebut kepada divisi terkait, sambil memberikan informasi atau panduan rinci kepada konsumen tentang pemilihan produk yang sesuai dengan kebutuhan mereka.
5. Mengumpulkan Feedback dari Konsumen

Sales promotor merupakan profesi yang menjembatani perusahaan dengan para pelanggan. Untuk membantu perusahaan dalam memperbaiki kualitas barang atau layanan, maka sales ini akan ditugaskan untuk mengumpulkan berbagai feedback dari konsumen terkait produk yang dipromosikan.
6. Memenuhi Target Penjualan Harian

Setiap harinya, sales promotor diberikan target penjualan yang harus dipenuhi dengan baik. Selanjutnya, hasil laporan penjualan ini akan dikirimkan kepada manajerial untuk memonitor perkembangan penjualan sekaligus melakukan evaluasi.
Skill yang Wajib Dimiliki Sales Promotor

Untuk bisa menjalankan semua tugas-tugasnya dengan baik dan lancar, sales promotor harus memiliki berbagai skill wajib tertentu. Berikut beberapa kemampuan yang harus dikuasai:
1. Manajemen Emosi yang Baik

Dalam pekerjaannya, sales promotor akan banyak berhubungan langsung dengan pelanggan maupun calon prospek, mulai dari mempromosikan produk hingga menjaga hubungan. Oleh karena itu, sangat penting bagi sales promosi untuk memiliki manajemen emosi yang baik agar bisa menghadapi berbagai respons atau karakter dari para pelanggan tersebut.
2. Kemampuan Observasi

Adapun skill penting yang wajib dikuasai sales promotor adalah kemampuan observasi. Dengan memiliki kemampuan observasi yang baik, mereka bisa mengamati secara jeli dan seksama bagaimana perkembangan tren pasar dan juga target audiens ataupun kondisi toko retail yang ditargetkan untuk penjualan produk Anda. Dengan cara ini, perusahaan bisa lebih mudah dalam memilah dan menentukan audiens dan toko retail mana saja yang tertarik dengan produk Anda.
3. Ketelitian sales promotor

Tentunya, ketelitian terhadap hal atau detail kecil adalah kemampuan wajib bagi seorang sales promotor. Pasalnya, skill ini akan sangat berguna karena berkaitan dengan informasi produk. Memiliki ketelitian tinggi juga bisa membantu sales promotor untuk melakukan observasi pasar secara detail dan akurat.
Gaji Sales Promotor

Sales promotor merupakan salah satu profesi yang banyak diminati oleh para job hunters. Lantas, berapa kisaran gaji untuk pekerjaan ini? Rata-rata gaji sales promotor di Indonesia berkisar dari Rp2,5 juta hingga Rp5 juta per bulan, tergantung dengan lokasi dan pengalaman kerja dari masing-masing orang. Biasanya gaji ini belum mencakup bonus dan juga komisi penjualan jika sales promotor berhasil memenuhi target dengan baik.
Baca Juga: Apa itu Canvasser? Ketahui Tugas dan Skill Penting yang Dibutuhkan
Tak heran jika sales promotor adalah profesi yang cukup diincar. Bagi bisnis, profesi ini berperan sebagai kunci kesuksesan penjualan, oleh karena itu kinerja sales promotor harus dimonitor dengan baik. Untuk memudahkan sales manager dalam mengawasi performa mereka di lapangan, ada berbagai sistem otomatis yang bisa digunakan. Termasuk salah satunya Distri, aplikasi ini akan membantu sales manager untuk memantau sales dengan live tracking hingga mengetahui absensi mereka. Distri juga bisa membantu Anda untuk mengatur KPI yang menjadi penilaian kinerja sales. Jika Anda tertarik, harga aplikasi Distri sangat terjangkau sehingga bisa menjadi pilihan tepat untuk segala jenis bisnis.