You are currently viewing Mengapa Rekonsiliasi Penting Bagi Bisnis? Pelajari 5 Langkahnya Di Sini!

Mengapa Rekonsiliasi Penting Bagi Bisnis? Pelajari 5 Langkahnya Di Sini!

  • Post author:
  • Post category:Keuangan

Table of Contents

Dalam bisnis, pencatatan kas masuk dan kas keluar wajib dilakukan untuk mengetahui bagaimana perputaran dana bisnis serta ke mana dan untuk apa kas digunakan. Namun, pencatatan manual ini masih riskan terhadap human error, sehingga rekonsiliasi diperlukan untuk memastikan keakuratan catatan keuangan perusahaan.

Rekonsiliasi sendiri merupakan proses mencocokkan catatan keuangan perusahaan dengan laporan perbankan. Hal ini wajib dilakukan untuk mengetahui jika ada selisih jumlah saldo di antara kedua catatan tersebut. Adanya selisih saldo bisa disebabkan oleh berbagai hal, namun yang paling umum adalah karena adanya biaya administrasi bank yang belum tercatat, pembagian bunga, dan salah catat (human error)

Pengelolaan Faktur

Langkah-Langkah Melakukan Rekonsiliasi

  1. Catat transaksi rekening koran ke dalam catatan keuangan perusahaan. 
  2. Bandingkan dan review saldo di rekening koran dan catatan keuangan perusahaan.
  3. Cocokkan tanggal masing-masing transaksi pada rekening koran dan catatan keuangan perusahaan.
  4. Buat lembar kerja atau jurnal rekonsilisasi bank, hitung selisihnya. 
  5. Lakukan penelusuran dan pengecekan ulang apabila masih terdapat selisih saldo.

Kapan Sebaiknya Rekonsiliasi Dilakukan?

Proses ini umumnya dilakukan setiap akhir bulan. Dulu, pihak bank biasanya mengirimkan laporan berupa rekening koran yang berisi seluruh aktivitas transaksi yang dilakukan perusahaan, tapi sekarang perusahaan lebih sering menarik rekening koran melalui internet banking. Rekening koran ini kemudian akan dibandingkan dengan catatan keuangan perusahaan dan akan di cek satu per satu berdasarkan bukti transaksi seperti bukti penyetoran maupun pengambilan dana.  

Namun, untuk bisnis dengan penjualan yang menggunakan metode pembayaran transfer, akan lebih baik jika kegiatan ini dilakukan setiap hari. Terlebih di zaman yang serba canggih ini banyak celah untuk melakukan kecurangan, salah satunya transfer fiktif. Untuk mengantisipasi hal tersebut, rekonsilisasi harian diperlukan untuk memverifikasi pembayaran non tunai yang dilakukan pelanggan sudah benar-benar masuk ke rekening. 

Rekonsiliasi Menggunakan Sistem Akuntansi Distri

Mengapa Rekonsiliasi Penting Bagi Bisnis?

Bekerja sama dengan Stripe, sistem akuntansi Distri tersinkron langsung dengan penjualan. Ketika customer melakukan pembayaran, sistem Distri akan langsung memberi notifikasi konfirmasi jika uang sudah masuk ke rekening.

Faktur Pembelian: Definisi, Keunggulan, dan Perlakuan Pajak dalam Bisnis

Fitur ini tentunya akan mempermudah Anda dalam melakukan pencocokan terhadap kas yang masuk dan keluar dari bank serta pembayaran yang dilakukan customer

Ingin tahu apalagi yang dapat dilakukan sistem akuntansi Distri? 

Daftar GRATIS disini sekarang