You are currently viewing Optimalkan Usaha Distribusi Anda dalam Era Digital bersama Distri, Sahabat Distribusimu No#1!

Optimalkan Usaha Distribusi Anda dalam Era Digital bersama Distri, Sahabat Distribusimu No#1!

Pandemi Covid-19 memberikan dampak yang signifikan bagi cara pebisnis menjalankan usahanya, tak terkecuali bisnis distribusi. Interaksi tatap muka dibatasi, permintaan konsumen cepat berubah, serta ketepatan waktu suplai barang menjadi sulit diprediksi. 

Cukup banyak bisnis yang beradaptasi dengan kondisi pandemi dengan mengadopsi teknologi digital, termasuk berjualan online dan penggunaan berbagai aplikasi untuk operasional maupun pemasaran produk mereka. Pemerintah Indonesia juga sudah mengimbau para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk mulai bertransformasi ke digital.

Baca lebih lanjut: Agar Rantai Pasok Lebih Efisien

Sebagai salah satu upaya untuk mendorong para pelaku usaha khususnya distributor & UMKM ikut serta dalam transformasi digital, Advotics meluncurkan sebuah platform, Distri, untuk mereka yang ingin terjun ke dalam era digital sekaligus memudahkan dan meningkatkan produktivitas operasional bisnis distribusi mereka dalam acara webinar (web seminar) pada Rabu, 23 Maret 2022 yang berjudul “Optimalkan Usaha Distribusi Anda dalam Era Digital”.

Dihadiri oleh lebih dari 80 distributor & UMKM dari seluruh Indonesia, acara ini diisi oleh para ahli dengan 20+ tahun pengalaman dalam industri produksi dan .distribusi barang di Indonesia, yaitu:

  • Bapak Rachmat Hidayat, Ketua Bidang Kebijakan Publik Gabungan Produsen Makanan Minuman Indonesia (GAPMMI)
  • Bapak Anas Bachtiar, Sales Force Effectiveness Manager Wyeth Nutrition Indonesia
  • Bapak Singgih Adwiarto, SVP of Enterprise Sales Advotics
  • Ibu Venny Septiani, Head of Growth & SMB Advotics
Optimalkan Usaha Distribusi Anda dalam Era Digital bersama Distri, Sahabat Distribusimu!

Dalam sesi diskusi panel, para narasumber juga mengupas tuntas pengaruh tren digitalisasi terhadap bisnis distribusi, mulai dari peluang, ancaman, risiko dan potensi disrupsi jika distributor tidak ikut arus digitalisasi sambil menjawab langsung pertanyaan-pertanyaan dari para peserta yang hadir. 

Disruption atau ketidakpastian memang sudah terjadi saat ini, jika distributor tidak adapt terhadap teknologi yang bisa membuat perusahaannya efisien dalam melakukan bisnisnya, pasti distributor tersebut akan mengalami kesulitan.” Ungkap salah satu panelis, Anas Bachtiar, Sales Force Effectiveness Manager di Wyeth Nutrition Indonesia. 

“Banyak banget distributor ini yang mengalami permasalahan internal, dari masalah manipulasi, “manipulasi data, manipulasi keuangan” which is itukan menjadi nightmare bagi distributor, yang somehow banyak yang tidak bisa di-handle oleh distributor dengan baik, salah satu solusinya adalah bagaimana memastikan bahwa database semuanya, dari sisi logistik, financial, distribution, dan manpower nya, itu terintegrasi dalam satu kesatuan teknologi.” tambah Anas. 

Baca lebih lanjut: Sistem Dis.tribusi RI Tak Efisien, Ini Solusinya

Optimalkan Usaha Distribusi Anda dalam Era Digital bersama Distri, Sahabat Distribusimu!

Dalam sesi yang dipandu oleh Venny Septiani (Head of Growth & SMB Advotics) Distri diperkenalkan sebagai solusi digitalisasi distribusi terlengkap yang dirancang khusus untuk distributor dan UKM. Sebuah platform yang menghubungkan tim lapangan dan manajemen atau tim back office. Semua kegiatan operasional mulai dari manajemen pesanan, manajemen stok, program promosi, invoice & pembayaran, pengiriman & retur, laporan keuangan, hingga analisis bisnis & dashboard tersinkronisasi dan tersimpan dalam cloud sehingga dapat dilihat secara instan. 

Distri juga dilengkapi dengan berbagai fitur unggulan seperti:

    • Omnichannel Sales

Mengakomodasi pesanan dari berbagai saluran penjualan; salesman, back office, B2B, maupun marketplace, yang dilengkapi dengan sinkronisasi stok secara real-time

    • Geofencing

Monitor aktivitas tim lapangan. Live-tracking melalui aplikasi, untuk tim lapangan (salesman, canvasser, dan driver) yang bekerja secara remote/mobile.

    • Akuntansi

Pencatatan dan pembukuan terintegrasi langsung dengan seluruh transaksi di satu portal. Pantau, atur, dan tarik laporan keuangan di portal yang sama.

Untuk kanal penjualan digital, Distri telah terintegrasi dengan platform e-commerce Tokopedia. Tak hanya itu, Distri juga bekerja sama dengan payment gateway Stripe untuk pembayaran online yang akan terkonfirmasi secara otomatis di portal. 

Sesi selanjutnya diisi dengan sesi Q&A atau sesi tanya jawab yang berlangsung dengan antusias tinggi dari para distributor & UKM yang penasaran dengan bagaimana teknologi seperti Distri dapat membantu mereka untuk mempertahankan posisinya di industri. Bahkan setelah acara selesai, masih banyak dari mereka yang masih ingin berdiskusi melalui email & social media Distri! 

Acara webinar kemudian ditutup dengan beberapa games seru yang berhadiah voucher berlangganan Distri senilai hingga total 90 juta rupiah. Tiga pemenang beruntung dapat langsung merasakan bagaimana digitalisasi membuat bisnis mereka menjadi mudah. 

Nantikan acara dan informasi menarik lainnya dari Distri! Bagi Anda yang ketinggalan webinar kali ini, dapat langsung mengakses YouTube kami di link berikut:

Tren Digital: Peluang atau Ancaman untuk Distributor?

Masih dalam kemeriahan grand launching Distri, dapatkan promo diskon 10% berlangganan Distri dengan mendaftar sebelum 30 April 2022 dengan klik di sini.

Pastikan bisnis Anda ikut serta dalam transformasi digital dan jadikan bisnismu semakin produktif bersama Distri!