Salah satu satu penopang penting untuk keberhasilan suatu bisnis atau perusahaan adalah penjualan. Oleh karena itu, sales monitoring atau pemantauan penjualan merupakan aspek yang perlu diperhatikan agar proses penjualan berjalan tanpa kendala dan sesuai dengan yang ditargetkan perusahaan.
Dengan memantau proses penjualan, maka perusahaan bisa melakukan evaluasi, memperbaiki, dan mengembangkan kinerja tim sales agar bisa mencari strategi baru untuk bisa memperoleh target penjualan yang telah ditentukan.
Baca Juga: Sales Canvasser Adalah: Pahami Definisi, Tanggung Jawab , Dan Fungsinya
Pengertian Sales Monitoring

Sales monitoring adalah sebuah proses yang meliputi pemantauan aktivitas penjualan, pengumpulan data dan analisis tren pasar, penyimpanan detail penting dari proses penjualan tersebut, serta peningkatan efisiensi operasional. Melalui analisis mendalam, manajer sales bisa melakukan evaluasi atau mengembangkan strategi baru agar performa sales semakin maksimal.
Tentunya, dengan cara ini perusahaan bisa lebih mudah untuk mengidentifikasi kemungkinan masalah yang terjadi berdasarkan dari kondisi penjualan perusahaan saat ini. Selanjutnya, perusahaan bisa mencari solusi atau mengambil keputusan dan tindakan dengan tanggap agar target penjualan bisa tetap tercapai.
Fungsi Sales Monitoring

Dalam pengaplikasiannya, pemantauan penjualan merupakan proses yang penting karena bisa menjadi acuan untuk menilai kinerja tim sales. Berikut ini beberapa fungsinya:
1. Memantau Kehadiran Sales

Manajer sales bisa lebih mudah untuk memantau kehadiran tim sales. Biasanya, sales diwajibkan untuk mengisi daftar kehadiran dengan cara check in dan check out pada aplikasi sales. Nantinya, kehadiran sales akan tercatat secara otomatis dan bisa dilihat langsung oleh manajer.
2. Mengetahui Performa Sales

Selain itu, perusahaan juga bisa mengetahui apakah tim sales mampu mengerjakan tugas dan mencapai target dengan baik atau sebaliknya. Kinerja dari sales ini akan berdampak besar pada performa perusahaan. Dari sini, Anda bisa memantau apakah sales tersebut telah mencapai Key Performance Indicator (KPI) yang digunakan sebagai parameter penilaian kinerja karyawan.
3. Mengeskalasi Masalah

Sales monitoring akan mempermudah proses eskalasi masalah yang terjadi di lapangan dengan lebih cepat dan tepat. Umumnya, manajer sales menggunakan aplikasi sales lapangan yang memberikan laporan aktivitas penjualan secara otomatis, salah satunya adalah aplikasi Distri.
Dengan menggunakan Distri, semua aktivitas sales akan terpantau secara jelas dan real time. Aplikasi ini juga memudahkan sales untuk melaporkan berbagai kendala atau masalah yang terjadi di lapangan agar bisa segera ditindaklanjuti oleh manajer secara cepat. Aplikasi Distri juga bisa diakses kapan pun dan di mana pun dengan cara penggunaan yang mudah tanpa menggunakan perangkat tambahan.
Aplikasi ini memiliki skalabilitas tinggi tapi harga aplikasi Distri ternyata sangat terjangkau. Pelajari lebih lanjut tentang Distri di sini.
4. Memantau Kondisi Kesehatan Sales

Melalui pemantauan sales, perusahaan bisa mengetahui kondisi fisik dari karyawan yang bertugas di lapangan. Dengan memastikan tim sales dalam kesehatan yang baik akan menghindari risiko terjadinya kecelakaan kerja.
Manfaat Sales Monitoring

Sekarang saatnya kita berbicara terkait manfaat monitoring penjualan, di antaranya:
1. Efisiensi Alur Operasional

Dengan monitoring penjualan, seluruh kegiatan operasional akan berjalan dengan lebih singkat dan efisien. Sales bisa menggunakan waktu mereka untuk fokus pada prospek untuk bisa memperoleh keuntungan sesuai target.
2. Aktivitas Sales Semakin Efektif

Cara ini juga bisa meningkatkan aktivitas tim sales agar semakin efektif dan optimal. Manajer sales bisa melacak kinerja dari masing-masing sales dan aktivitasnya. Hal ini memudahkan untuk memantau berbagai hal yang perlu diperbaiki atau dikembangkan.
3. Mempermudah Penentuan KPI

Perusahaan bisa lebih mudah menentukan KPI atau standar kinerja seluruh tim sales untuk bisa mencapai target penjualan. Hal ini bisa meningkatkan motivasi sales untuk lebih produktif lagi.
4. Membantu Prediksi Penjualan Yang Tepat

Monitoring penjualan juga bermanfaat untuk membantu manajer dalam melihat prakiraan atau prediksi penjualan yang tepat. Selain itu, manajer bisa memahami dinamika data yang tercatat dalam laporan secara otomatis. Langkah ini bisa membantu untuk membuat keputusan yang tepat untuk meningkatkan bisnis ke depannya.
Cara Melakukan Monitoring Penjualan

Melalui pemantauan penjualan, karyawan akan lebih termotivasi untuk meningkatkan kinerja demi mencapai target. Ini cara melakukan monitoring penjualan yang tepat.
1. Utamakan Transparansi

Salah satu faktor penting dalam memantau penjualan adalah dengan mengutamakan transparansi. Hal ini dimaksudkan agar bisa tercipta persaingan yang sehat antar karyawan. Selain itu, karyawan juga bisa melihat proses kinerja mereka agar bisa terus mengembangkan diri.
2. Tentukan Tujuan Bisnis

Manajer sales harus menentukan hal apa saja yang harus ditingkatkan demi mencapai target yang sesuai dengan tujuan perusahaan. Misalnya, dengan meningkatkan retensi pelanggan hingga memperluas pangsa pasar.
3. Gunakan Reminder

Pada aplikasi monitoring penjualan, biasanya dilengkapi dengan fitur reminder atau notifikasi untuk memberitahu atau mengingatkan tugas-tugas tertentu yang harus dipenuhi pada waktu yang ditentukan. Hal ini akan memudahkan sales untuk fokus dan bekerja lebih keras untuk menyelesaikan tugas tersebut.
Baca Juga: 9 Cara Promosi Produk yang Ampuh Tingkatkan Penjualan
Dengan berbagai manfaat dan fungsinya, pastikan untuk melakukan sales monitoring dengan baik dan benar karena akan memengaruhi performa penjualan. Oleh karena itu, gunakanlah aplikasi Distri untuk mendukung proses pemantauan penjualan dengan lebih mudah dan praktis dengan laporan secara real time.