You are currently viewing Estimasi Pengantaran Adalah: Arti, Faktor, dan Manfaatnya untuk Pelanggan

Estimasi Pengantaran Adalah: Arti, Faktor, dan Manfaatnya untuk Pelanggan

Pada bisnis online, estimasi pengantaran akan tercantum pada sistem pengiriman ketika pelanggan membeli suatu produk atau layanan dari perusahaan Anda. Tentunya, estimasi pengantaran adalah informasi penting untuk pelanggan supaya mereka bisa memperkirakan kapan ketibaan paket. Dalam penentuan estimasi ini, ada beberapa faktor yang memengaruhinya. Untuk lebih jelasnya, mari simak artikel ini dan ketahui juga berbagai manfaatnya!

Baca Juga: Apa itu Tracking dalam Pengiriman Barang? Simak Selengkapnya

Estimasi Pengantaran Adalah

Jika berbicara tentang arti, estimasi pengantaran adalah perkiraan waktu pengiriman produk dari pengirim ke konsumen, berdasarkan perhitungan jarak, waktu pengiriman, waktu transit, tipe produk hingga jasa kirim. Dalam penerapannya, estimasi pengiriman ini ada bermacam-macam, tergantung jenis layanan pengiriman dan jasa kurir yang digunakan, mulai dari 3 hari, 1 hari, atau dalam hitungan jam saja.

Faktor yang Memengaruhi Estimasi Pengantaran

estimasi pengantaran adalah

Ada beberapa faktor penting yang bisa memengaruhi penentuan lamanya estimasi pengantaran, di antaranya yaitu:

1. Waktu Pengemasan Barang

Ini adalah waktu yang dibutuhkan oleh penjual atau pengirim untuk menyiapkan barang setelah pesanan diterima. Umumnya, durasi proses ini tergantung pada kategori produk, seperti produk ready stock (non pre-order) atau produk pre-order. Lantas, apa perbedaannya?

Produk ready stock umumnya akan dikemas oleh penjual dalam waktu sekitar satu hingga dua hari. Sedangkan, produk pre-order membutuhkan waktu pengemasan barang yang lebih lama, misalnya dalam 7 hari atau bahkan sebulan sebelum akhirnya masuk ke proses pengiriman.

2. Jarak Pengiriman

Faktor lainnya yang memengaruhi estimasi pengantaran adalah jarak pengiriman ke alamat tujuan. Semakin jauh jarak yang ditempuh, maka semakin lama juga waktu yang dibutuhkan dalam proses pengantarannya.

3. Jam dan Hari Kerja

Di samping itu, beberapa jasa kirim hanya bisa melakukan pengantaran pada jam dan hari kerja saja. Jadi, ini bisa mempengaruhi estimasi pengiriman produk yang pelanggan beli.

4. Jenis Produk

Ada beberapa jenis produk yang memerlukan penanganan khusus dalam pengiriman, misalnya barang pecah belah, seperti gelas, piring, dan sebagainya. Termasuk juga botol kosmetik atau perawatan kulit yang rentan rusak, misalnya essential oil, parfum, dan sebagainya.

5. Jasa Kurir atau Tipe Layanan Pengiriman

Hal lain yang juga menjadi faktor berpengaruh pada estimasi pengantaran adalah tipe layanan pengiriman. Biasanya, setiap ekspedisi menghadirkan berbagai opsi layanan pengiriman, mulai dari reguler hingga pengiriman cepat same day. 

6. Kondisi Rute dan Cuaca

Dalam proses pengiriman barang, kondisi cuaca maupun lalu lintas juga memegang peran penting untuk bisa mengantarkan barang ke alamat penerima dalam waktu yang cepat dan tepat. Jika hujan lebat atau macet parah, maka proses pengantaran pun akan terhambat. 

7. Regulasi Bea cukai

Faktor ini umumnya memengaruhi proses pengiriman internasional. Ketika Anda mengirimkan paket ke luar negeri, maka harus terlebih dahulu melewati bea cukai. Proses ini tentunya bisa memakan waktu yang cukup lama.

Manfaat Estimasi Pengantaran

Tentunya, estimasi pengantaran ini menghadirkan banyak manfaat penting untuk pelanggan, seperti:

1. Perencanaan yang Baik

Estimasi waktu pengantaran akan membantu Anda untuk memaksimalkan efisiensi logistik. Jadi, perusahaan bisa lebih mudah dalam mengatur jadwal pengiriman dan pengembalian produk, mengelola stok ketersediaan, ataupun meminimalisir risiko keterlambatan dalam perencanaan,

2. Memastikan Kenyamanan Pelanggan

Dengan memberikan waktu estimasi pengiriman barang yang akurat, pelanggan bisa lebih mudah dalam memprediksi kapan paketnya akan tiba. Ini akan meningkatkan rasa nyaman, apalagi ketika pembeli membeli barang dalam waktu tertentu.

3. Meningkatkan Kepuasan Pembeli

Manfaat lainnya dari estimasi pengantaran adalah bisa meningkatkan kepuasan pembeli, terutama ketika paket berhasil tiba di alamat tujuan dengan aman sesuai estimasi yang tertera. Pelanggan yang puas kemungkinan akan kembali membeli produk atau layanan di perusahaan Anda.

Tips Mengoptimalkan Estimasi Pengantaran

Untuk memastikan proses dan estimasi pengiriman berjalan dengan efektif, Anda bisa menggunakan bantuan teknologi atau software yang mumpuni. Berikut ini salah satunya:

Aplikasi Distri

10 Aplikasi Distributor Terbaik

Distri hadir sebagai solusi modern untuk mempermudah berbagai kegiatan bisnis Anda, salah satunya dalam hal pengiriman. Aplikasi yang terintegrasi dan berbasis cloud ini menyajikan berbagai fitur canggih dan bermanfaat untuk proses pengantaran barang, mulai dari manajemen stok, penugasan kurir, update status pengiriman, ataupun pelacakan pengiriman secara otomatis dan real-time.

Semua fitur tersebut bisa Anda akses hanya dalam satu aplikasi Distri. Apalagi, aplikasi ini didesain dengan tampilan sederhana dan modern yang mudah dipahami dalam sekali melihatnya. Di samping itu, harga aplikasi Distri tidak akan menguras budget sehingga cocok digunakan untuk bisnis berskala kecil maupun besar.

Baca Juga: DMS Adalah: Ketahui Definisi, Peran Penting, Jenis, dan Cara Kerja

Jadi, pastikan untuk memanfaatkan software Distri untuk memaksimalkan proses dan estimasi pengiriman barang ke alamat penerima. Pasalnya, estimasi pengantaran adalah aspek krusial agar Anda bisa meningkatkan rasa kepercayaan dan kenyamanan pelanggan. Mereka pun akan kembali tertarik untuk membeli produk di perusahaan Anda. Jika Anda tertarik untuk menggunakan aplikasi Distri, maka bisa kunjungi link ini.