Table of Contents
Apa itu Super App?
Di Indonesia, siapa yang tidak pernah menggunakan aplikasi super alias super app seperti Gojek, Grab, dan Shopee? Startup teknologi business to customer (B2C) tersebut memiliki beragam layanan untuk penggunanya melakukan banyak hal — layanan transportasi, pengiriman barang, pembelian makanan & minuman, belanja online, hingga alat pembayaran digital, semua bisa dilakukan hanya dengan satu aplikasi.
Konsep super app sendiri pertama kali digagas oleh founder BlackBerry, Mike Lazaridis, pada Mobile World Congress 2010, dideskripsikan sebagai “aplikasi yang ketika sekali digunakan, membuat penggunanya bertanya-tanya, bagaimana bisa mereka hidup tanpanya”.
Super app digadangkan menjadi masa depan dari ekonomi digital. Merupakan sebuah model bisnis berbasis platform multiguna lintas industri yang menawarkan berbagai layanan dan penawaran dalam satu aplikasi. Satu user experience untuk hampir semua produk atau layanan yang mungkin penggunanya inginkan dan butuhkan, dalam satu klik.

Mengapa Super App?
Dominasi aplikasi super di Asia telah memimpin di seluruh dunia. Sebuah laporan dari Baker McKinsey (2021) mengatakan bahwa laju transformasi digital di kawasan Asia-Pasifik meningkat selama pandemi Covid-19, dengan 92% pemimpin bisnis mengevaluasi kembali strategi digital mereka dan mengoptimalkan infrastruktur digital agar dapat tetap bersaing dalam menghadapi pandemi.
Aplikasi super ini berkaitan erat dengan kehidupan penggunanya sehingga menjadi sistem operasi yang sangat dibutuhkan. Ia menciptakan suatu ekosistem teknologi di mana waktu penggunanya sangatlah dihargai, tak perlu menggunakan aplikasi berbeda untuk layanan yang berbeda.
Melihat suksesnya super app dalam industri business to customer (B2C), tak sulit melihat peluang yang ada untuk industri business to business (B2B). Enterprise Resource Planning (ERP) misalnya, aplikasi ini biasanya memiliki fitur atau modul seperti HR, CRM, Sales, Purchasing, Inventory, Accounting & Finance, dan fitur-fitur lainnya, tergantung yang bisnismu butuhkan atau inginkan. Atau platform akuntansi misalnya, membantu perusahaan mengelola segala transaksi keuangan, tak hanya pembukuan, tetapi juga pengelolaan kas & bank, hutang & piutang, hingga pembuatan laporan keuangan dengan mudah, bahkan dengan sumber daya yang terbatas.
Bagaimana super app dapat membantu operasi bisnis Anda
Setelah mengetahui seluk beluk tentang super app di atas, mungkin Anda sudah mendapat gambaran tentang apa sebenarnya aplikasi super itu. Namun, untuk pengaplikasian langsung kepada bisnis? Apakah Anda sudah mengetahuinya?
Seperti yang sudah tertera pada ilustrasi di atas, aplikasi super khususnya untuk bisnis distribusi, idealnya memiliki fitur-fitur dasar seperti manajemen penjualan yang terintegrasi manajemen inventori, akuntansi yang terintegrasi dengan faktur atau invoice, delivery, pengiriman retur bahkan analisis bisnis. Lalu jika ada fitur-fitur tersebut, memang apa pengaruhnya terhadap bisnis?
Tentunya dapat meningkatkan efisiensi bisnis Anda! Berikut beberapa manfaat yang akan bisnis Anda rasakan:
Merampingkan proses bisnis dan alur kerja
Bayangkan semua proses bisnis mulai dari penjualan produk atau layanan, pengiriman, pengelolaan inventori, stock opname, pelacakan salesman, pembuatan & penagihan invoice, retur, pemantauan kinerja karyawan, pembukuan, laporan penjualan hingga keuangan, bahkan analisis bisnis, semua dapat Anda temukan dalam super app.
Bandingkan jika Anda harus menggabungkan informasi terkait masing-masing proses bisnis baris demi baris secara manual, berapa banyak biaya, waktu dan tenaga yang dapat Anda pangkas dengan menggunakan aplikasi super tersebut? Dengan semua fungsi yang terintegrasi, proses bisnis tentunya dapat berjalan dengan lebih efektif dan efisien.
Analisis bisnis yang lebih akurat dan transparan
Memiliki semua fungsi dalam satu platform memberikan keuntungan bagi bisnis dalam semua ukuran untuk meningkatkan skala dengan mudah dan mengidentifikasi area untuk pertumbuhan.
Angka penjualan, hutang & piutang, hingga inventori dapat dilihat dalam satu platform secara real-time, siap digunakan kapanpun Anda membutuhkannya, memberikan Anda gambaran kondisi dan kinerja perusahaan sebenar-benarnya, dalam satu dashboard. Pengambilan keputusan lebih cepat & matang melalui visibilitas dan kontrol lebih besar atas operasi bisnis.
Distri merupakan ERP berbasis cloud yang didesain khusus mengembangkan bisnis distribusi Anda. Satu platform untuk pengelolaan penjualan, stok, pengiriman, faktur, SDM, hingga akuntansi.