Para pelaku bisnis online pasti menyadari betapa pentingnya closing penjualan. Pasalnya, closing adalah sebuah teknik yang bisa membantu perusahaan untuk memperoleh keuntungan sehingga bisnis bisa berjalan dengan lancar dan efektif. Closing sendiri merupakan bagian akhir dari proses penjualan yang berguna sebagai konfirmasi bahwa calon pelanggan bersedia untuk membeli produk tertentu yang dijual perusahaan Anda.
Dalam penerapannya, Anda bisa menggunakan beberapa teknik closing yang efektif untuk bisnis. Untuk informasi selengkapnya, artikel ini akan memberikan ulasan mendalam tentang pengertian dan juga daftar tekniknya.
Closing Adalah

Menilik pengertiannya, istilah closing adalah sebuah strategi yang diaplikasikan oleh pebisnis maupun tim sales untuk mengonfirmasi atau memastikan kepada calon pelanggan untuk membeli barang atau layanan yang ditawarkan perusahaan. Jadi, tim sales akan merayu para prospek tersebut agar minat mereka meningkat sehingga mau berubah menjadi pelanggan tetap.
Teknik “rayuan” yang dilakukan para pebisnis untuk menarik calon pelanggan ini ada berbagai macamnya, mulai dari memberikan diskon, hadiah menarik, dan sebagainya. Teknik closing dinilai efektif karena tak hanya fokus pada peningkatan penjualan dan omzet perusahaan, tapi juga mengutamakan kepuasan pelanggan.
Teknik Closing yang Efektif

Closing adalah istilah yang cukup populer dalam bisnis. Berikut ini beberapa teknik closing yang efektif untuk bisnis Anda:
1. Teknik Closing 3 in 1

Ini adalah teknik yang dilakukan tim sales dengan cara menjelaskan berbagai keunggulan produk yang ditawarkan dibandingkan produk dari perusahaan pesaing lainnya. Jadi, Anda maupun tim penjual harus memiliki pengetahuan mendalam tentang produk tersebut, sehingga bisa memberikan penjelasan yang detail dan lengkap, terutama terkait kelebihan produk.
Dengan memberikan perbandingan keunggulan yang signifikan dengan pesaing, maka calon pelanggan akan lebih tertarik untuk membeli produk Anda.
2. Teknik Now or Never

Teknik now or never dalam closing adalah sebuah strategi penjualan yang dilakukan dengan cara memberikan penawaran dan diskon menggiurkan dalam waktu terbatas kepada calon pelanggan. Teknik ini secara tidak langsung akan memberikan desakan kepada prospek untuk membeli produk saat ini juga atau jika tidak maka calon pelanggan akan merasa rugi karena tidak bisa menikmati promo tersebut.
Sebagai contoh, perusahaan Anda menawarkan diskon 75% untuk produk tertentu yang bisa dimanfaatkan untuk hari ini saja. Diskon ini tidak akan berlaku di keesokan harinya. Maka, prospek pun akan terdorong untuk segera membeli produk Anda sebelum kehabisan promonya.
3. Harga Normal Produk Disembunyikan

Anda juga bisa menggunakan strategi menyembunyikan atau mencoret harga normal produk yang dijual. Teknik closing yang satu ini mungkin paling sering dijumpai. Pasalnya, strategi ini bisa memengaruhi psikologis prospek dan meningkatkan minat mereka untuk akhirnya mau membeli produk yang Anda jual.
Para calon pelanggan akan menganggap bahwa harga yang diberikan sudah jauh lebih murah dibandingkan harga normal. Jadi, prospek akan merasa untung dan tertarik membeli produknya.
3. Teknik Bundling

Selanjutnya, teknik bundling dalam closing adalah sebuah cara untuk mengakali penjualan pada produk yang kurang laku. Strategi ini dilakukan dengan menggabungkan beberapa produk untuk dijual dalam satu paket atau bundling, umumnya berisi produk lama dan produk baru. Tujuannya agar produk lama yang kurang laku juga bisa terjual. Biasanya, teknik bundling juga disertai dengan penawaran menarik lainnya sehingga prospek tertarik untuk membelinya.
4. Ulasan atau Testimoni Pelanggan

Di samping itu, testimoni atau ulasan dari pelanggan juga bisa menjadi teknik closing yang jitu. Dalam strategi ini, Anda bisa menampilkan ulasan positif dari para pelanggan sebelumnya yang telah menggunakan produk Anda. Hal ini akan meningkatkan kepercayaan calon pembeli untuk turut menggunakan produk yang dijual perusahaan Anda.
Ulasan ini biasanya dicantumkan pada brosur atau pamflet. Sedangkan pada bisnis online, biasanya ulasan positif ini terdapat pada kolom komentar atau review untuk masing-masing produk yang disediakan untuk para pengguna. Semakin banyak komentar positif yang Anda dapat, maka akan semakin banyak pula calon pembeli yang semakin tertarik dengan produk dari perusahaan Anda.
5. Memberikan Empati

Dengan memberikan rasa empati kepada prospek, ternyata merupakan cara ampuh untuk meningkatkan penjualan. Caranya yakni dengan menempatkan diri dalam posisi sebagai calon pembeli yang dituju. Dengan begini, calon pembeli akan merasa bahwa penjual telah memahami apa masalah yang sedang dihadapi mereka. Mereka pun akan lebih tertarik untuk membeli produk yang Anda tawarkan.
Jadi, itulah beberapa teknik closing yang efektif dan penting untuk bisnis Anda. Berdasarkan informasi di atas, closing adalah sebuah strategi yang memastikan calon pelanggan untuk bersedia membeli produk yang ditawarkan oleh perusahaan. Supaya berhasil, Anda harus bisa menerapkan semua teknik di atas dengan baik. Di samping itu, Anda juga bisa memanfaatkan bantuan teknologi untuk meningkatkan penjualan, misalnya penggunaan aplikasi Distri. Aplikasi ini memudahkan Anda dalam berbagai kegiatan penjualan dengan lebih efisien. Menariknya, harga aplikasi Distri sangat terjangkau sehingga tidak menguras budget. Untuk informasi lainnya tentang Distri, bisa kunjungi link ini.