You are currently viewing Pahami Arti Loyalitas Pelanggan, Faktor, dan Cara Meningkatkan

Pahami Arti Loyalitas Pelanggan, Faktor, dan Cara Meningkatkan

  • Post author:
  • Post category:Bisnis

Dalam bisnis, apakah Anda telah mengaplikasikan strategi loyalitas pelanggan? Ini merupakan faktor esensial yang perlu diperhatikan agar bisnis Anda bisa menghadirkan pengalaman konsumen yang memuaskan dan menyenangkan. Sebenarnya apa arti dari istilah tersebut? Dalam artikel ini, kita akan mempelajari juga faktor dan cara mudah untuk meningkatkannya.

Baca Juga: Principal Adalah: Kenali Definisi, Peran, Dan Kelebihannya

Loyalitas Pelanggan Adalah

Apa yang dimaksud dari istilah ini? Diketahui, loyalitas pelanggan adalah sebuah strategi bisnis yang digunakan untuk mempertahankan pelanggan lama dan meyakinkan mereka agar tetap setia dalam membeli barang atau menggunakan layanan hanya dari perusahaan Anda. Selain itu, dengan menerapkan strategi ini, perusahaan juga bisa lebih fokus dalam mencari pelanggan baru. 

Diketahui, pelanggan setia di sebuah perusahaan bisa menjadi indikator adanya tingkat kepuasan dan kepercayaan pelanggan yang tinggi terhadap produk yang Anda jual. Umumnya, pelanggan setia ditandai dengan beberapa ciri berikut:

  • Melakukan Repeat Purchase: Ciri utama dari pembeli yang loyal yakni kerap melakukan repeat purchase atau pembelian ulang suatu barang atau jasa tertentu dari perusahaan yang sama. Ini menjadi bukti bahwa mereka puas dengan produk yang dibeli.
  • Memberikan Referensi kepada Orang Lain: Selain itu konsumen loyal juga umumnya akan memberikan referensi produk yang digunakannya kepada orang lain melalui pemasaran word of mouth yang dilakukan secara sukarela. Hal ini akan membuat orang lain turut tertarik dan meningkatkan minat mereka untuk membeli produk yang sama. 
  • Kebal dengan Penawaran dari Kompetitor: Pelanggan loyal ditandai dengan kekebalan dalam menghadapi penawaran dari perusahaan kompetitor. Kemungkinan mereka akan menolak penawaran tersebut karena sudah merasa nyaman dengan produk yang digunakan dan biasanya dibeli dari perusahaan Anda.
  • Bergabung di program membership atau keanggotaan: Tentunya, keputusan pelanggan untuk bergabung dalam program membership atau keanggotan juga menjadi bukti kesetiaan dan kepuasan mereka dalam menggunakan produk Anda. Biasanya dalam program ini, pelanggan bisa mendapatkan promo khusus yang menarik.

Faktor Penting yang Memengaruhi Loyalitas Pelanggan

Loyalitas konsumen tentu saja dipengaruhi berbagai faktor besar, mulai dari ikatan emosional hingga citra perusahaan. Berikut uraian informasinya:

1. Ikatan Emosional

Ketika berbicara soal loyalitas konsumen, maka ikatan emosional menjadi salah satu faktor penentunya. Apabila pelanggan telah memiliki ikatan emosional dengan produk atau layanan yang mereka gunakan sehari-hari, maka mereka akan enggan berpaling ke produk kompetitor. Biasanya, loyalitas ini tercipta karena mereka merasa cocok dengan fungsi produk karena menghadirkan manfaat sesuai ekspektasi atau produk bisa meningkatkan rasa kepercayaan diri, dan berbagai alasan lainnya. 

2. Citra Perusahaan

Faktor yang cukup berpengaruh pada loyalitas pelanggan adalah citra perusahaan. Jika pelanggan memiliki persepsi yang positif terhadap merek perusahaan Anda, maka bisa meningkatkan rasa kepercayaan dan ketertarikan mereka untuk melakukan pembelian. Oleh karena itu sangat penting untuk menjaga citra dan reputasi, serta meningkatkan kesadaran merek terhadap konsumen. 

3. Garansi

Mungkin banyak pelaku bisnis yang tidak menyadari bahwa program garansi bisa berdampak besar pada kesetiaan pelanggan. Ketika perusahaan bisa menjamin dan memberikan garansi terhadap barang atau layanan yang dijual, maka pelanggan akan merasa lebih aman. Hal ini yang kemudian bisa meningkatkan rasa kepercayaan mereka untuk tetap setia memilih produk Anda.

Cara Menjaga dan Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Untuk menjaga maupun meningkatkan loyalitas para konsumen, ada berbagai cara yang bisa dilakukan, misalnya:

1. Memberikan Kejutan Personal

Dengan memperhatikan hal-hal kecil, seperti memberikan kejutan personal kepada pelanggan setia ternyata bisa berdampak besar pada kepuasan mereka. Misalnya, cara ini bisa dilakukan dengan memberikan promo spesial dan ucapan selamat pada hari ulang tahun mereka.

2. Menciptakan Program Referral

Disamping itu, Anda bisa menciptakan program referral. Program ini memungkinkan pelanggan loyal untuk mendapatkan bonus atau rewards jika mereka merekomendasikan suatu produk atau layanan dari perusahaan Anda kepada orang lain. Selain pelanggan lama, pelanggan baru juga bisa menikmati diskon atau promo menarik. Jadi keduanya akan merasa sama-sama diuntungkan dengan program referral ini.

3. Melakukan Evaluasi Barang atau Layanan yang Dijual

Agar bisa memastikan produk dan layanan yang Anda jual selalu memenuhi ekspektasi dan kebutuhan pelanggan, maka perlu dilakukan evaluasi secara berkala. Tak hanya dari segi kualitas produk tapi juga strategi pemasaran. Pastikan untuk selalu mendengarkan kritik dan saran dari konsumen agar Anda mendapatkan gambaran terkait aspek apa saja yang perlu ditingkatkan lagi. Cara in secara tidak langsung juga membuat konsumen merasa dihargai sehingga bisa meningkatkan rasa kepercayaan mereka. 

Baca Juga: 3 Alur Pengiriman Barang Sampai ke Pelanggan, Simak Yuk!

Jadi, loyalitas pelanggan adalah aspek yang tidak boleh dilihat sebelah mata karena memiliki dampak besar untuk bisnis. Selain mengikuti berbagai tips di atas untuk meningkatkan loyalitas konsumen, Anda juga bisa mengimplementasikan aplikasi bisnis, seperti Distri. Aplikasi ini akan memudahkan Anda dalam mengatur diskon untuk konsumen, dan berbagai hal lainnya. Jika Anda bertanya soal harga, tak perlu khawatir karena harga aplikasi Distri cukup terjangkau. Anda hanya perlu berlangganan setiap bulan dengan biaya rendah untuk bisa menggunakan aplikasi ini.