Sebagai pebisnis, baik secara online atau offline, tentunya repeat order dari pembeli adalah kabar yang paling menyenangkan. Hal ini bisa menjadi bukti bahwa pelanggan merasa puas dalam menggunakan produk atau layanan dari perusahaan Anda. Lantas, repeat order artinya apa? Apa saja manfaat dan tips meningkatkannya? Temukan jawabannya dalam artikel ini.
Baca Juga: Principal Adalah: Kenali Definisi, Peran, Dan Kelebihannya
Repeat Order Artinya

Repeat order merupakan salah satu hal yang diinginkan para pengusaha. Repeat order artinya suatu aktivitas atau transaksi pembelian berulang yang dilakukan oleh konsumen yang sama pada produk atau jasa tertentu. Aktivitas ini bisa menjadi pertanda bahwa Anda berhasil meyakinkan pembeli bahwa apa yang dijual adalah produk terbaik untuk mereka, sehingga pembeli pun merasa cocok dan membeli kembali produk atau layanan tersebut.
Faktor yang Memengaruhi Repeat Order

Tentunya transaksi repeat order oleh konsumen ini dipengaruhi beberapa faktor, di antaranya yaitu:
1. Tingkat Kualitas Produk atau Layanan

Faktor pertama yang berpengaruh besar dalam menciptakan repeat order adalah tingkat kualitas produk atau layanan. Repeat order artinya pembelian berulang, hal ini bisa sering terjadi jika Anda selalu memperhatikan dan mengutamakan kualitas dari barang dan jasa yang dijual. Dengan tingginya kualitas produk, maka tingkat kepuasan pelanggan pun akan semakin tinggi pula. Hal inilah yang bisa memicu terjadinya pembelian berulang.
2. Kecocokan dengan Core Values
Disamping itu, banyak pembeli yang melakukan pembelian produk berdasarkan kepribadian atau core values mereka. Contohnya, gen Z, gen alpha, dan milenial yang cenderung untuk membeli barang dan layanan karena cocok dengan value mereka, seperti misalnya produk ramah lingkungan. Dengan keselarasan dari nilai produk dan value mereka, bukan tak mungkin hal ini akan menciptakan loyalitas tinggi dari para konsumen tersebut.
3. Tingkat Brand Awareness

Hal yang lain yang turut memengaruhi tingginya transaksi repeat order yakni tingkat brand awareness atau kesadaran masyarakat terhadap merek atau produk yang Anda tawarkan. Semakin tinggi tingkat kesadaran merek, maka akan semakin tinggi juga penjualan dan kemungkinan pembelian berulang. Pasalnya, konsumen umumnya akan membeli produk dari merek yang familiar atau sudah mereka kenal.
Manfaat Repeat Order

Seperti dijelaskan di atas, repeat order artinya transaksi pembelian berulang oleh pelanggan terhadap produk Anda. Tentunya, hal ini menghadirkan banyak keuntungan untuk perusahaan, berikut ini berbagai manfaatnya:
1. Biaya Akuisisi yang Lebih Rendah

Dengan terjadinya repeat order, maka Anda tidak perlu lagi mengeluarkan banyak anggaran, waktu, dan tenaga untuk mencari target konsumen baru. Hal ini bisa Anda gunakan untuk fokus mengerjakan hal lain demi meningkatkan kualitas perusahaan. Jadi, biaya akuisisi termasuk biaya penjualan dan pemasaran pun akan berkurang.
2. Meningkatkan Pemasaran Word-of-Mouth

Adapun manfaat lain dari pembelian berulang yakni bisa meningkatkan word-of-mouth marketing. Apa itu? Ini adalah proses pemasaran yang secara tidak langsung dan sukarela dilakukan oleh pelanggan yakni dengan merekomendasi brand tertentu yang mereka sukai kepada orang lain. Ini bisa menjadi salah satu promosi yang paling efektif.
3. Modal Bisnis Bisa Berputar Lebih Cepat

Tak hanya itu, repeat order juga bisa membuat modal bisnis perusahaan bisa berputar dengan lebih cepat. Pasalnya, transaksi pembelian berulang oleh pelanggan ini bisa meningkatkan penjualan dan menghasilkan keuntungan yang lebih cepat pula, sehingga modal pun tidak perlu dibiarkan terlalu lama.
Tips Meningkatkan Repeat Order

Dengan segala manfaatnya, lalu bagaimana cara meningkatkan repeat order? Simak berbagai tipsnya:
1. Menghadirkan First Impression Terbaik

Agar konsumen mau melakukan repeat order, maka salah satu cara jitunya yakni dengan menciptakan first impression atau kesan pertama yang baik. Ketika pembeli mendapatkan pengalaman menyenangkan saat melakukan pembelian produk di perusahaan Anda untuk pertama kalinya, maka kemungkinan hal ini bisa memicu pembelian berulang. Namun, jika sebaliknya, pelanggan mendapatkan pengalaman buruk, maka mereka akan beralih mencari merek lain.
2. Membuat Packaging atau Kemasan yang Menarik

Repeat order artinya pembeli mau membeli kembali produk Anda karena ada berbagai faktor yang menjadi pertimbangan, salah satunya kemungkinan dari kepuasan akan produk, termasuk dalam sisi kemasan atau packaging. Meski terdengar sepele, pelanggan akan merasa lebih senang dan puas jika produk yang dikirimkan dibungkus dengan rapi dan menarik.
Ini menunjukkan bahwa perusahaan Anda benar-benar peduli dengan kualitas produk yang dijual, bahkan dari hal kecil seperti kemasan paket. Pastikan juga Anda menyertakan kartu ucapan terima kasih kepada konsumen.
3. Personalisasi Pengalaman

Anda juga bisa melakukan pendekatan secara personal kepada pembeli, yakni dengan menggunakan metode personalized marketing. Cara ini dilakukan dengan mengirimkan email kepada konsumen yang berisi penawaran produk berdasarkan riwayat pembelian di toko Anda. Supaya rekomendasi produknya lebih akurat Anda bisa memanfaatkan data karakteristik konsumen.
Untuk mempermudah prosesnya, Anda bisa memanfaatkan teknologi atau aplikasi bisnis, salah satunya aplikasi Distri. Aplikasi ini akan memudahkan Anda untuk menyimpan data riwayat pembelian secara aman dan terpusat. Aplikasi Distri juga dapat membantu Anda dalam pengaturan diskon. Harga aplikasi Distri juga terjangkau sehingga cocok dijadikan pilihan bisnis besar maupun kecil.
Baca Juga: Modern Trade Adalah: Definisi, Keunggulan, Tantangan, dan Strategi
Demikian informasi terkait repeat order, mulai dari manfaat hingga tips meningkatkannya. Sebagai kesimpulan, repeat order artinya proses pembelian berulang oleh pembeli karena beberapa faktor, seperti kualitas produk dan kecocokan core values. Semakin banyak repeat order, maka semakin besar pula profit bisnis yang didapat.