Sales General Trade atau sales GT adalah proses penjualan produk kepada prospek dengan menggunakan saluran distribusi tradisional. Biasanya, saluran ini lebih sederhana dan hanya melibatkan transaksi berskala kecil. Umumnya, meliputi pengecer, warung kelontong, toko kecil, dan sebagainya. Kamu bisa melihat performa penjualanmu dengan menggunakan Aplikasi Distri, untuk informasi lebih lanjut Cek Harga Package Distri
Dalam artikel ini, kita akan mengulas lebih detail tentang manfaat, tips meningkatkan penjualan dengan sales GT, serta mengenal perbedaannya dengan sales MT (Modern Trade).
Baca Juga: Sales Tracking System: Pengertian, Manfaat, Dan Cara Kerja
Sales GT Adalah

Sales GT adalah sistem penjualan barang atau layanan kepada calon pelanggan dengan menggunakan saluran distribusi tradisional yang lebih sederhana. Titik penjualan dengan saluran distribusi GT ini lebih luas dibandingkan MT. Selain itu, harga produk yang ditawarkan GT juga fleksibel dan bisa dinegosiasi.
Manfaat Sales GT untuk Bisnis

Dalam proses penjualan produk, sales GT memiliki perang penting. Berikut ini beberapa manfaat yang disuguhkan oleh sales GT untuk bisnis Anda:
1. Meningkatkan Penjualan Produk

Tentunya, dengan mengimplementasikan sales GT dalam bisnis, penjualan produk perusahaan Anda akan lebih mudah dan cepat meningkat. Hal ini karena distribusi GT mampu menjangkau berbagai wilayah pasar yang lebih luas.
2. Membangun Hubungan dengan Pihak Ketiga

Manfaat selanjutnya dari kehadiran sales GT adalah mampu membangun hubungan yang baik dengan pihak ketiga. Diketahui, saluran distribusi GT (General Trade) ini bekerja sama dengan berbagai pihak ketiga, seperti pengecer, toko kelontong, dan lainnya.
Dengan terjalinnya interaksi antar sales GT dan pedagang, maka hubungan perusahaan dan pihak ketiga pun akan semakin terjaga. Hal ini akan memotivasi mereka untuk lebih gigih dalam menjual produk dari perusahaan Anda.
3. Memahami Preferensi Konsumen

Sales GT bisa membantu perusahaan untuk memahami preferensi dan kebutuhan konsumen dengan lebih baik. Perusahaan pun bisa melakukan evaluasi dan mengembangkan produk yang lebih sesuai dengan permintaan konsumen. Dengan cara ini, konsumen pun akan lebih tertarik untuk membeli produk Anda.
4. Meningkatkan Brand Awareness

Selain itu, keuntungan dari mengimplementasikan sales GT adalah membantu konsumen dalam meningkatkan kesadaran merek atau brand awareness. Dalam saluran distribusi GT, produk yang dijual perusahaan akan banyak dijumpai oleh banyak konsumen dari berbagai wilayah pasar. Dengan ini, brand atau merek perusahaan Anda pun akan lebih mudah dikenal.
Tips dan Cara Meningkatkan Penjualan dengan Sales GT

Ada beberapa tips yang perlu Anda ketahui supaya bisa meningkatkan penjualan dengan sales GT (General Trade), di antaranya:
1. Memilih Pedagang dengan Reputasi Baik

Agar penjualan bisa meningkat pesat, maka pastikan untuk memilih pedagang yang tepat dan memiliki reputasi yang baik. Selain itu, pilihlah pedagang yang memiliki pangsa pasar sesuai dengan bisnis Anda dan memiliki jaringan luas. Tujuannya agar produk Anda bisa dipasarkan ke berbagai wilayah yang lebih luas.
2. Mengadakan Pelatihan kepada Pihak Ketiga

Selain itu, Anda juga melakukan pelatihan atau sosialisasi kepada pihak ketiga, seperti pengecer atau pedagang. Tujuannya yakni supaya mereka memiliki product knowledge yang cukup tentang keunggulan produk yang dijual perusahaan maupun memahami teknik penjualan yang ampuh.
3. Memberikan Komisi atau Insentif untuk Pedagang

Supaya pedagang semakin termotivasi dalam menjual produk Anda, pastikan untuk memberikan komisi atau insentif jika mereka berhasil menjual lebih banyak produk Anda. Hal ini akan mendorong pedagang untuk lebih gencar dalam membantu meningkatkan penjualan perusahaan.
4. Menyuguhkan Diskon untuk Konsumen

Cara lainnya yang bisa diterapkan untuk meningkatkan penjualan dengan sales GT adalah menghadirkan penawaran menarik untuk konsumen, misalnya hadiah gratis atau diskon yang menggiurkan. Penawaran tersebut akan menjadi daya tarik terhadap konsumen supaya mau membeli produk dari perusahaan Anda.
5. Meningkatkan Kualitas Produk

Di samping itu, strategi yang bisa diterapkan adalah dengan meningkatkan kualitas produk. Tentunya, produk yang memiliki kualitas baik akan meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan. Jadi, pastikan untuk selalu mengawasi kualitas produk Anda agar bisa selalu relevan dan kompetitif di pasar.
6. Memantau Performa Pedagang

Untuk memastikan target penjualan tercapai dengan baik, maka Anda harus memantau performa pedagang secara berkala. Dengan cara ini, Anda bisa melakukan evaluasi dan memberikan feedback yang membangun untuk para pedagang tersebut. Supaya proses pengawasan kinerja ini dilakukan dengan mudah, maka Anda bisa memanfaatkan bantuan aplikasi Distri.
Distri menghadirkan banyak fitur canggih yang memungkinkan Anda untuk memantau performa bisnis, membuat laporan dan target hingga menyediakan dashboard analisis bisnis yang komprehensif. Jadi, aplikasi Distri akan menunjang perusahaan Anda supaya bisa meningkatkan penjualan dengan lebih efektif.
Menariknya, ternyata harga aplikasi Distri sangatlah murah padahal dilengkapi dengan banyak fitur penting dan bermanfaat. Bahkan, biayanya lebih rendah dari aplikasi lain. Dengan Distri, Anda tidak perlu lagi mengeluarkan budget besar untuk membeli server baru, semua bisa diakses dengan mengandalkan koneksi internet.
Baca Juga: Manfaat, Fungsi, Dan Cara Sales Monitoring Yang Tepat
Jadi, itulah informasi mengenai sales GT (General Trade) yang perlu Anda ketahui. Sales GT adalah salah satu opsi penjualan produk yang dilakukan melalui distribusi tradisional, yang tentunya menghadirkan banyak manfaat untuk bisnis, salah satunya yakni untuk mengoptimalkan penjualan.