Dalam dunia bisnis istilah canvassing cukup dikenal, ini merupakan sebuah metode efektif untuk memperoleh lebih banyak konsumen sehingga bisa meningkatkan penjualan. Orang yang bertugas melakukan canvassing disebut sebagai canvasser. Mungkin istilah ini tidak terdengar familiar di telinga sebagian orang, namun sales canvasser adalah salah satu profesi yang dibutuhkan untuk mengoptimalkan bisnis.
Kontribusi dari sales canvasser ini bisa memberikan berbagai keuntungan untuk perusahaan. Apabila Anda ingin mengembangkan bisnis, tapi masih bingung dengan istilah canvasser. Artikel ini akan mengulas informasi tentang definisi, tanggung jawab, hingga manfaatnya.
Baca Juga: Visitless Sales Order: Buat Pesanan Dari Mana Pun dan Kapan Pun!
Sales Canvasser Adalah

Diketahui, sales canvasser adalah seseorang atau individu yang menyajikan informasi, menawarkan, hingga menjual produk atau jasa secara langsung kepada konsumen tanpa mengatur perjanjian terlebih dahulu. Proses pemasaran ini biasanya dilakukan dengan komunikasi langsung, seperti mendatangi tempat pelanggan dari pintu ke pintu, melalui email atau panggilan telepon, dan sebagainya.
Umumnya, para canvasser akan melakukan pendekatan secara persuasif ke konsumen diimbangi dengan kemampuan komunikasi yang mumpuni. Mereka juga harus bisa menyampaikan informasi tentang produk tertentu secara jelas dan komprehensif. Keberhasilan sales canvasser dalam menarik hati pelanggan, tentunya akan memberikan dampak positif, misalnya dalam peningkatan penjualan di perusahaan.
Tanggung Jawab Sales Canvasser

Sales canvasser memiliki beberapa tanggung jawab atau tugas penting yang harus diselesaikan, yaitu:
1. Mencari Pelanggan Secara Proaktif

Salah satu tugas utama seorang sales canvasser adalah secara proaktif mencari pelanggan atau individu yang berpotensi untuk tertarik hingga membeli produk atau jasa yang ditawarkan. Umumnya, mereka akan mendatangi pelanggan potensial dari rumah ke rumah, atau di tempat umum. Tak jarang juga, seorang canvasser menjajakan produknya di event-event tertentu atau melalui pesan singkat dan telepon.
2. Mengumpulkan Informasi Pelanggan Potensial

Sales canvasser juga ditugaskan untuk mengoleksi informasi lebih detail tentang target konsumen atau pelanggan potensial yang ditemui. Informasi ini nantinya bisa jadikan acuan untuk memahami preferensi atau kebutuhan para pembeli. Dari data dan informasi inilah, para canvasser bisa menawarkan produk atau jasa yang tepat kepada pembeli potensial.
3. Mempresentasikan Produk Atau Layanan

Untuk meyakinkan calon pembeli, salah satu hal penting yang harus dimiliki oleh sales canvasser adalah memahami secara mendalam tentang suatu produk atau layanan yang hendak ditawarkan kepada target market. Jadi, seorang canvasser harus mengetahui lebih detail terkait manfaat, fitur, atau kelebihan suatu produk sehingga bisa membuat pembeli semakin yakin.
Dengan memahami hal tersebut, sales canvasser juga bisa lebih mudah dan lugas dalam menjawab berbagai pertanyaan yang diberikan oleh pembeli potensial.
4. Menjaga Hubungan Dengan Pelanggan

Agar bisa mempertahankan loyalitas pelanggan, seorang sales canvasser wajib menjaga hubungan baik dengan konsumen. Biasanya, canvasser akan melakukan pendekatan secara ramah dan menyenangkan sehingga bisa meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap produk-produk atau layanan yang ditawarkan.
5. Memenuhi Target Penjualan

Langkah yang tak kalah penting untuk seorang canvasser adalah memenuhi target penjualan yang sudah ditetapkan oleh perusahaan. Target penjualan ini bisa dijadikan sebagai tolak ukur untuk penilaian kinerja setiap canvasser.
Fungsi Sales Canvasser Untuk Bisnis

Kehadiran sales canvasser di sebuah perusahaan tidak boleh diremehkan, pasalnya profesi ini menyajikan fungsi dan manfaat esensial untuk bisnis, seperti:
1. Proses Distribusi Barang Menjadi Lebih Merata

Dengan adanya bantuan dari sales canvasser, proses distribusi barang menjadi lebih merata di berbagai daerah berdasarkan journey plan atau rute yang telah ditetapkan. Hal ini akan membuat konsumen lebih mudah untuk menjangkau berbagai produk yang dibutuhkan.
Selain sales canvasser yang bermanfaat dalam pemerataan proses distribusi, aplikasi distributor Distri juga bisa menjadi solusinya. Aplikasi ini akan membantu proses distribusi barang jadi lebih efisien dan cepat sehingga bisa meningkatkan bisnis Anda secara maksimal. Jika ingin tahu informasi selengkapnya, Anda bisa mengecek harga Distri atau menghubungi kontak perusahaan di sini.
2. Mempercepat Penetrasi Pasar

Tak hanya itu, fungsi lain dari sales canvasser adalah membuat proses penetrasi pasar agar menjadi lebih cepat. Hal ini karena kegiatan penawaran, distribusi, hingga penjualan dilakukan secara bersamaan. Canvasser ini biasanya akan menghitung banyaknya suatu produk atau jasa yang digunakan konsumen, lalu membandingkannya dengan jumlah total pasar untuk produk tersebut.
3. Umpan Balik Pasar Yang Akurat

Salah satu tugas utama seorang canvasser yaitu pengumpulan data konsumen secara langsung, mulai dari alamat, usia, dan berbagai informasi lainnya. Ketika pendataan tersebut, konsumen bisa berbagi saran dan kritik terhadap suatu produk atau jasa yang dipakai. Nantinya, semua informasi ini bisa dilaporkan ke produsen atau perusahaan sebagai masukan untuk meningkatkan bisnis.
Baca Juga: Memulai Penjualan Konsinyasi: Panduan 4 Langkah Penting
Berdasarkan ulasan di atas, sales canvasser adalah profesi dengan tanggung jawab esensial yang tak bisa dipandang sebelah mata. Kontribusi dan keberhasilan seorang canvasser dalam menarik hati atau meraih lebih banyak pelanggan akan memberikan dampak positif ke perusahaan, terutama terkait peningkatan penjualan produk.