You are currently viewing Market Info: Tips Jitu #1 Anti Kalah Saing dengan Kompetitor

Market Info: Tips Jitu #1 Anti Kalah Saing dengan Kompetitor

  • Post author:
  • Post category:Bisnis

Table of Contents

Market Info: Tips Jitu Anti Kalah Saing dengan Kompetitor – Dalam dunia bisnis dengan tren yang terus berubah dari waktu ke waktu, tentu persaingan bisnis menjadi semakin kompetitif. Untuk menjaga kelangsungan dan kesuksesan perusahaan, bisnismu harus berusaha untuk tetap relevan dan lebih unggul dari kompetitor. Kuncinya adalah selalu up-to-date tentang kondisi real di lapangan! Pahami secara mendalam tentang pasar, kompetitor, dan tren industri yang sedang terjadi.

Bagaimana caranya? Salah satu alat yang dapat bisnismu gunakan adalah market info atau market intelligence. Ia membantu bisnis mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasikan data yang relevan tentang pasar, lingkungan bisnis, kompetitor, hingga tren industri terkini yang dapat bisnis jadikan sebagai dasar dalam pengambilan keputusan yang lebih baik dan tepat sasaran. 

Yuk, kita kulik lebih dalam bagaimana market info dapat membantu bisnismu!

Apa yang Dapat Market Info Lakukan untuk Bisnismu?

Market Info: Tips Jitu #1 Anti Kalah Saing dengan Kompetitor

1. Memahami Kebutuhan dan Preferensi Konsumen

Membuat produk yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi konsumen adalah salah satu kunci utama bisnis untuk terus bertahan di pasaran. Inilah salah satu fungsi utama market info: Membantu perusahaan memahami kebutuhan dan preferensi konsumen dengan lebih baik. Informasi ini membantu perusahaan mengetahui apa yang diinginkan konsumen, bagaimana mereka ingin diperlakukan, dan bagaimana cara terbaik untuk memenuhi hal tersebut. Dengan informasi ini, bisnis dapat lebih mudah mengembangkan produk yang lebih relevan serta memberi pengalaman pelanggan yang lebih baik sehingga mampu menjaga pertumbuhan bisnis; mempertahankan pelanggan yang ada maupun menarik pelanggan baru.

2. Mengidentifikasi Peluang yang Ada

Dengan melakukan poin nomor 1 di atas; memahami tren, kebutuhan serta preferensi konsumen; bisnis dapat lebih mudah mengidentifikasi peluang yang ada. Informasi ini memungkinkan bisnis mengisi “celah” di pasar, memperkenalkan produk inovatif yang dibuat lebih sesuai dengan “kebiasaan” mereka yang pastinya dapat memberi nilai tambah tersendiri bagi pelanggan. Jika bisnismu mampu mengikuti atau bahkan menciptakan tren di pasar, wajar bila bisnismu memposisikan diri sebagai pioneer, bukan? 

Baca lebih lanjut: Peluang Bisnis 2023: 4 Tren Serba Digital yang Terus Melejit di 2022! 

3. Menilai Kinerja Kompetitor

Market Info: Tips Jitu #1 Anti Kalah Saing dengan Kompetitor

Kekuatan dan kelemahan kompetitor di pasar memegang peranan penting dalam perkembangan bisnismu. Jika bisnismu mampu mengidentifikasi area di mana kompetitor lebih unggul dan di mana mereka perlu meningkatkan kinerja mereka, bisnismu akan lebih mudah membuat taktik dan strategi bisnis untuk menandingi mereka. Informasi ini membantu bisnis merencanakan langkah-langkah yang tepat untuk bersaing secara efektif. Membantu bisnismu untuk tetap selangkah di depan kompetitor. Analisis kompetitor juga dapat melihat celah yang tidak mereka manfaatkan, yang dapat menjadi peluang bagi perusahaan untuk tumbuh dan berkembang.

4. Mengantisipasi Perubahan di Pasar

Seiring berjalannya waktu, tren pasar akan terus berubah. Perubahan teknologi, pergeseran tren konsumen, dan kondisi ekonomi adalah beberapa faktor yang dapat mempengaruhi pasar. Market info membantu perusahaan untuk mengantisipasi perubahan ini lebih awal dan membuat strategi untuk menghadapinya. Bisnis lebih mudah melihat kebiasaan atau pola yang dilakukan konsumen sehingga dapat segera dibuat strategi bisnis yang sesuai dengan kondisi aktual pasar. Bisnismu dapat tetap relevan dan menghindari “kejutan” yang tidak diinginkan.

5. Mendukung Pengambilan Keputusan yang Lebih Baik

Keputusan bisnis yang baik harus didasari oleh data yang up-to-date, akurat dan terpercaya. Data dan informasi sesuai kondisi pasar terkini dapat menjadi dasar pengambilan keputusan bisnis yang lebih baik, sesuai, dan tepat sasaran. Keputusan bisnis yang didukung oleh market info lebih cenderung berhasil karena didasarkan pada pemahaman mendalam tentang pasar dan pesaing.

6. Meningkatkan Efisiensi dan Produktivitas

Dengan memahami kebutuhan dan permintaan pasar, perusahaan dapat mengarahkan sumber daya mereka dengan lebih efisien. Market info membantu perusahaan untuk fokus pada segmen pasar yang paling menjanjikan dan mengidentifikasi produk atau layanan yang paling diminati oleh konsumen. Proses bisnis yang memerlukan perbaikan juga lebih mudah teridentifikasi. Dengan cara ini, perusahaan dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi mereka, menghindari pemborosan sumber daya pada produk atau layanan yang kurang diminati.

7. Merumuskan Strategi Pemasaran yang Efektif

Pemasaran yang efektif adalah kunci untuk mencapai keberhasilan dalam bisnis. Dengan memahami segmen pasar yang ditargetkan, preferensi pelanggan, dan keunggulan pesaing, perusahaan dapat mengarahkan upaya pemasaran mereka secara lebih efektif, yang dapat meningkatkan daya tarik produk. Analisis market info juga dapat membantu dalam menentukan saluran distribusi yang efektif dan menentukan harga yang sesuai dengan pasar.

Fitur Market Info pada Aplikasi Distri

Market Info: Tips Jitu #1 Anti Kalah Saing dengan Kompetitor

Setiap kali salesman berkunjung ke toko, mereka dapat mengisi laporan market info langsung dari aplikasi yang nantinya akan diolah oleh sistem sehingga karyawan di kantor dapat memonitor semua aktivitas lapangan. Dalam waktu yang bersamaan, sales manager juga dapat membuat strategi penjualan yang lebih akurat berdasarkan data real-time dari lapangan. 

 

Beberapa Fitur Unggulan Distri:
Market Info: Tips Jitu #1 Anti Kalah Saing dengan Kompetitor

Penasaran apalagi yang dapat Distri lakukan? Coba fiturnya sekarang!

Klik di sini

FAQ

1. Bagaimana market info dapat membantu bisnis dalam memahami kebutuhan dan preferensi konsumen dengan lebih baik?

Market info membantu bisnis memahami secara mendalam apa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh konsumen. Dengan informasi ini, bisnis dapat mengarahkan upaya mereka untuk mengembangkan produk yang lebih relevan dan memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik.

2. Apa saja manfaat yang dapat diperoleh bisnis dari penggunaan market info dalam mengidentifikasi peluang yang ada di pasar?

Penggunaan market info memungkinkan bisnis untuk mengidentifikasi peluang yang ada di pasar dengan lebih baik. Dengan memahami tren, kebutuhan, dan preferensi konsumen, bisnis dapat mengisi celah di pasar dengan produk inovatif yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

3. Bagaimana market info dapat membantu bisnis dalam menilai kinerja kompetitor dan merumuskan strategi bisnis yang lebih efektif untuk bersaing?

Market info membantu bisnis dalam menilai kinerja kompetitor dan merumuskan strategi bisnis yang lebih efektif. Dengan mengetahui kekuatan dan kelemahan kompetitor, bisnis dapat membuat taktik dan strategi yang tepat untuk bersaing secara efektif.