Table of Contents
Integrasi Distri dan Accurate Online: Sinkronisasi Data Penjualan Mudah & Cepat! – Kelancaran bisnis sangat dipengaruhi oleh pemilihan sistem distribusi yang Anda gunakan. Jika sistem distribusi Anda dapat menunjang segala kegiatan operasional harian bisnis, tentunya hal ini dapat memudahkan bisnis untuk berjalan lebih efektif, efisien, dan terorganisir sehingga bisnismu dapat lebih fokus dalam meningkatkan penjualan.
Kebanyakan bisnis menggunakan beberapa sistem berbeda untuk menunjang kebutuhannya. Seperti misalnya satu sistem khusus distribusi produk, satu sistem akuntansi, satu sistem manajemen tim lapangan, dan lain-lain. Namun, bagaimana jika Anda ingin mengetahui kondisi perusahaan secara keseluruhan sedangkan data tersebar dalam beberapa sistem? Hal inilah yang sering menjadi masalah. Salah satu yang paling sering dijumpai adalah sulitnya mensinkronisasikan data penjualan dengan laporan keuangan di sistem berbeda.
Contoh, penjualan dari salesman masuk ke sistem distribusi A sedangkan data transaksi serta laporan keuangan lainnya ada di sistem akuntansi B. Hal ini membuat informasi bisnis menjadi terpisah-pisah, dan pastinya berpengaruh pada hasil laporan keuangan yang tidak sinkron satu sama lain. Belum lagi perbedaan data produk dan customer yang tercatat di masing-masing sistem. Hal ini dibuktikan dengan beberapa permintaan yang sering Distri dengar:

Hal-hal di atas adalah pertanyaan yang paling sering ditanyakan oleh #SahabatDISTRIbusi. Sekarang, Anda tak perlu khawatir! Distri telah bekerja sama dengan software akuntansi Accurate Online. Sebelum membahas hal tersebut, yuk kita bahas kedua sistem ini.
Sistem Distribusi Distri: Manajemen Salesman & Canvasser

Distri merupakan sistem distribusi berbasis cloud yang berfokus pada pengelolaan salesman dan tim lapangan dengan berbagai fitur otomatisasi tenaga penjualan (SFA) terintegrasi yang dapat membantu tim lapangan untuk menyederhanakan aktivitas harian mereka.
Berikut beberapa fitur unggulan Distri:
- Mobile Ordering untuk Salesman: Kelola transaksi penjualan dengan menyeluruh dan transparan dengan berbagai fitur mulai dari pembuatan dan pemenuhan pesanan via Web & Aplikasi, pengaturan diskon & promosi, pengumpulan dan dokumentasi data kunjungan, hingga manajemen area.
- Real-Time Location Monitoring: Pantau keberadaan tim lapangan dengan akurat secara online & real-time, dengan fitur seperti penjadwalan rute kunjungan dan review aktivitas, absensi geo-tagging, live-tracking.
- Manajemen Database Customer & Toko: Daftarkan toko dengan geo-tagging dan digitalisasi seluruh kegiatan di setiap lokasi toko yang dilengkapi dengan fitur pengisian survei dan pengajuan komplain, dokumentasi stok & harga di toko (market info), hingga pengaturan tata letak produk/merchandising.
- Dashboard Performa Salesman: Monitor performa bisnis dan salesman dalam satu halaman secara instan. Analisis bisnis secara komprehensif dilengkapi dengan grafik dan chart performa bisnis, laporan KPI & pencapaian target individu, hingga visualisasi penjualan per area.
Semua fitur terintegrasi sehingga memudahkan pemantauan aktivitas lapangan serta membantu salesman dalam proses penjualan harian mereka. Aplikasi salesman Distri bahkan telah terbukti membantu tim lapangan, khususnya salesman, meningkatkan penjualan hingga 53%.
Sistem Akuntansi Accurate Online: Laporan Keuangan Otomatis

Accurate Online merupakan sistem akuntansi berbasis cloud yang menawarkan berbagai solusi untuk keperluan accounting. Memiliki 200++ laporan keuangan yang dapat dilihat secara instan dalam satu dashboard pribadi.
Laporan-laporan keuangan yang dihasilkan Accurate Online juga telah tersinkron dengan berbagai fitur pendukung lainnya, salah satunya perhitungan perpajakan yang terintegrasi ke buku besar, kas & bank, serta laporan keuangan lainnya. Berikut adalah fitur-fitur yang Accurate Online juga miliki:
- Fitur Buku Besar: Fitur ini membantu bisnis untuk pencatatan dan pembukuan aktivitas keuangan yaitu dengan pembuatan jurnal umum, akun perkiraan, histori akun, log aktivitas jurnal, anggaran, hingga pencatatan beban.
- Fitur Kas & Bank: yang memungkinkan pengguna untuk mengetahui informasi mengenai pembayaran, penerimaan, transfer bank, rekening koran, rekonsiliasi bank, hingga Smart Link internet banking.
- Fitur Perpajakan: Accurate Online memfasilitasi perhitungan pajak untuk kebutuhan laporan keuangan, seperti Pajak Pertambahan Nilai (PPN), Pajak Penghasilan pasal 23 (PPh 23), Pajak Penghasilan pasal 4 ayat 2 (PPh 4 ayat 2), Pajak Penghasilan pasal 15 (PPh 15), Pajak Penghasilan pasal 21 (PPh 21), Pajak Penghasilan pasal 22 (PPh 22), serta dukungan e-Faktur, eSPT Masa PPh 21/26, eSPT Masa PPh 23, e-Filing, e-Billing, hingga pengiriman email massal eFaktur ke pelanggan.
Integrasi Distri dan Accurate Online: Berbisnis Semakin Mudah
Kebanyakan pelaku usaha, terutama UMKM, mengutamakan sistem pengelola keuangan pada masa awal bisnis berdiri, misalnya sistem akuntansi seperti Accurate. Bisnis fokus memastikan kondisi bisnis berjalan baik, dengan mencari tahu apakah bisnis untung atau rugi. Laporan keuangan yang dihasilkan aplikasi Accurate inilah yang mampu memberikan gambaran jelas dari hal tersebut.
Baca lebih lanjut: Solusi 3 Masalah Bisnis bagi Pemula, Wajib Baca!
Namun, ketika usaha semakin berkembang, fokus bisnis tentu akan beralih ke pemerataan distribusi, yaitu dengan mempekerjakan salesman lapangan. Setelah itu, bisnis akan mulai fokus mencari strategi untuk mengefisienkan operasionalnya seperti misalnya, menggunakan aplikasi manajemen salesman. Lebih utama lagi, aplikasi salesman yang dapat terintegrasi langsung dengan sistem akuntansi yang telah mereka miliki.
Mengaplikasikan sistem baru tentu saja butuh “extra work”, seperti pemindahan data penjualan, termasuk data produk dan customer, yang sudah ada sebelumnya. Jika harus memasukkan ulang data satu per satu, tentu akan memakan banyak waktu bukan? Alasan inilah yang membuat Distri bekerja sama dengan Accurate Online.

Jika Anda terlebih dahulu menggunakan Accurate Online untuk kebutuhan akuntansi Anda, maka data yang tersimpan dalam aplikasi Accurate dapat diintegrasikan dengan sistem distribusi Distri. Semua informasi yang tersimpan dipastikan terjamin keamanannya dalam database. Begitu pula sebaliknya, jika Anda telah menggunakan sistem Distri untuk kebutuhan penjualan serta distribusi bisnis Anda, maka Anda dapat melakukan integrasi dengan Accurate Online untuk mempermudah pengelolaan transaksi penjualan hingga keuangan Anda kapan pun dan di mana pun.
Dengan mengintegrasikan Distri dan Accurate Online, kinerja penjualan, keuangan, serta produktivitas bisnis akan lebih tinggi. Dan jangan lupa, sebelum mengaplikasikan integrasi kedua sistem ini ini, pastikan Anda sudah memiliki akun Distri dan akun Accurate Online terlebih dahulu ya! Belum punya akun sama sekali? Jangan khawatir! Cukup hubungi tim Distri, mereka akan membantu Anda!
Klik di sini untuk berdiskusi langsung dengan tim Distri
Cara Sinkronisasi Distri & Accurate Online
Untuk melakukan integrasi kedua aplikasi ini, lakukan langkah-langkah berikut ini:
1. Login atau daftar akun Distri melalui https://app.distri.id/login
2. Masuk ke Modul Integrasi yang ada di sidebar sebelah kiri, kemudian pilih Accurate.

3. Login ke akun Accurate yang Anda miliki.

4. Setelah berhasil login dan kembali ke halaman Distri, pilih database yang diinginkan pada menu Select Database.

5. Pada tab Synchronize to Accurate atau Synchronize from Accurate, pilih data yang ingin disinkronisasi, kemudian klik tombol Synchronize. Anda dapat mensinkronisasikan data sales order, product, dan customer dari Distri ke Accurate Online. Selain itu, Anda juga dapat mensinkronisasikan data product dan customer dari arah sebaliknya, dari Accurate Online ke Distri.


Salah satu langkah tepat untuk terus beradaptasi di era disrupsi ini adalah dengan mengadopsi aplikasi bisnis untuk mengelola operasional perusahaan Anda. Tentu strategi ini sudah banyak dilakukan para pelaku usaha. Namun, kebanyakan perusahaan masih menggunakan beberapa aplikasi terpisah untuk masing-masing fungsi, seperti misalnya, aplikasi bisnis khusus untuk penjualan dan salesman, pembukuan, manajemen inventori, dan lain sebagainya.
Aplikasi distribusi Distri yang telah terintegrasi dengan sistem akuntansi Accurate Online adalah salah satu solusi tepat bagi Anda.
Tak perlu lagi memasukan data penjualan satu per satu ke masing-masing aplikasi, cukup sekali impor; data penjualan, produk, maupun customer yang ada baik di aplikasi Distri maupun Accurate Online Anda dapat langsung tersinkron dalam hitungan detik. Buat keputusan lebih tepat dengan analisis bisnis yang lebih akurat. Cepat, mudah, praktis, dan efisien bukan?
Tunggu apalagi? Coba fiturnya sekarang!
FAQ
1. Bagaimana proses integrasi antara Distri aplikasi salesman dan Accurate Online dapat memudahkan sinkronisasi data penjualan dan laporan keuangan di dua sistem yang berbeda?
Proses integrasi antara Distri dan Accurate Online memungkinkan sinkronisasi data penjualan dan laporan keuangan dengan mudah dan cepat karena keduanya bekerja sama untuk memudahkan transfer informasi antara kedua sistem. Dengan integrasi ini, data penjualan yang tercatat dalam Distri dapat disinkronkan langsung dengan laporan keuangan yang dihasilkan oleh Accurate Online, sehingga memastikan konsistensi dan akurasi informasi keuangan perusahaan.
2. Apakah ada batasan atau kendala yang perlu diperhatikan saat melakukan integrasi antara Distri aplikasi salesman dan Accurate Online, terutama dalam hal keamanan data dan konsistensi informasi?
Penting untuk memastikan bahwa data yang disinkronkan terjaga keamanannya dan tetap konsisten di kedua platform, serta memperhatikan format data yang dibutuhkan oleh masing-masing sistem agar proses integrasi berjalan lancar.
3. Bagaimana dukungan teknis dari tim Distri untuk pengguna yang ingin melakukan integrasi antara Distri dan Accurate Online, apakah tersedia tutorial atau bantuan langsung dari tim teknis mereka?
Distri aplikasi salesman menyediakan dukungan teknis untuk pengguna yang ingin melakukan integrasi antara Distri dan Accurate Online. Kami menyediakan tutorial dan panduan langkah demi langkah tentang bagaimana melakukan integrasi ini, serta siap membantu pengguna dalam mengatasi kendala atau masalah teknis yang mungkin timbul selama proses integrasi. Pengguna dapat menghubungi tim Distri untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut dan bimbingan teknis.