Table of Contents
Di era serba online dan digital ini, banyak sekali inovasi baru yang mempermudah kehidupan sehari-hari. Misalnya dalam dunia bisnis, banyak pemilik usaha yang menggunakan invoice online untuk menyederhanakan aktivitas jual beli mereka dan mempercepat pembayaran pelanggan.
Bagaimana cara invoice online membantu aktivitas bisnis?
Invoice online membantu bisnis merampingkan proses kerja. Dari pembuatan faktur manual (kertas); yang pastinya memakan lebih banyak waktu untuk pendistribusian ke divisi terkait, belum lagi tingginya potensi human error; invoice online dapat dikirimkan dari mana pun dan kapan pun, asal tersambung dengan internet. Proses ini tentu saja dapat menghemat waktu dan tenaga, meminimalisir kesalahan dan biaya yang perlu dikeluarkan.
Masih belum tertarik menggunakan invoice online? Lanjutkan membaca
8 dari 10 orang mengatakan beberapa faktor yang membuat mereka terlambat membayar invoice adalah informasi yang kurang lengkap dan tidak jelas dalam invoice. Hal ini bisa disebabkan oleh tulisan tangan yang sulit terbaca. Nah, salah satu kelebihan invoice online adalah format yang konsisten dan mudah terbaca.
Selain itu, masih banyak manfaat lainnya lho untuk bisnismu! Apa saja sih?

1. Pelacakan & Kontrol Pembayaran Mudah
Masalah invoice fisik (kertas) yang paling sering terjadi adalah hilang dokumen. Dengan invoice online, Anda dapat menyimpan semua dokumen dengan rapi dalam satu file, berdasarkan kategori dan nama pelanggan, misalnya. Cukup cari dalam file tanpa harus mencari ke seluruh ruangan.
2. Faktur Lebih Profesional & Tidak Mudah Rusak
Masalah invoice fisik nomor dua: rusak atau terkena air. Membuat invoice baru fisik baru tentu menambah pekerjaan. Dengan invoice online, Anda tak perlu khawatir akan hal ini. Selain itu, jika dibandingkan dengan invoice fisik yang dibuat menggunakan tulisan tangan, invoice online memiliki format yang konsisten dan lebih rapi.
3. Pengiriman Invoice Lebih Cepat
Invoice kertas yang dikirimkan melalui pos atau salesman membutuhkan waktu lebih lama untuk sampai ke tangan pelanggan. Invoice online cukup dikirimkan melalui aplikasi pesan seperti Whatsapp dan Email. Hanya memakan waktu sepersekian detik untuk sampai ke tangan pelanggan.
Software Invoice Dapat Membantu Bisnismu Lebih Efisien
Penggunaan software invoice yang terintegrasi dapat membuat alur kerja berbagai aktivitas terkait invoice menjadi lebih sederhana. Mulai dari pembuatan invoice secara otomatis, pengiriman invoice ke tangan pelanggan, pencatatan dalam laporan keuangan, penagihan pembayaran, bahkan pelaporan pajak.
Proses pembayaran yang mudah juga dapat membuat pelanggan cenderung lebih cepat melakukan pembayaran. Apalagi ditambah dengan fitur-fitur canggih lainnya yang Distri miliki:

- Pembuatan invoice otomatis ketika terjadi transaksi penjualan
- Pencatatan otomatis dalam pembukuan & laporan keuangan
- Fitur reminder atau notifikasi jatuh tempo invoice
- Terintegrasi dengan sistem pembayaran digital via Virtual Account
- Konfirmasi pembayaran masuk ke sistem secara real time
- Riwayat pembayaran terekam dalam sistem
- Terintegrasi dengan aplikasi mobile salesman
- Dokumen tersimpan rapi dan dapat dilihat dalam satu dashboard
- Pembuatan e-faktur dari faktur penjualan yang siap download, sesuai format DJP
Dengan Distri, semua aktivitas terkait invoice, mulai dari penjualan, penagihan, hingga pelaporan pajak menjadi lebih mudah dan sederhana. Potensi human error seperti kesalahan input data juga dapat diminimalisir. Mencegah bisnis dari masalah seperti laporan keuangan yang salah perhitungan.
Manajemen invoice, pembayaran serta penagihan dapat dilakukan dengan proses yang lebih ringkas. Fokuskan waktu dan tenaga untuk memaksimalkan aktivitas bisnis lainnya. Tips-tips lain untuk membantu bisnismu cepat berkembang juga sudah Distri rangkum untukmu! Ini salah satunya:
Tips Membuat Pelanggan Lebih Cepat Membayar Faktur

1. Tagihkan Invoice Langsung Setelah Pengiriman Selesai
Jangan tunggu hingga akhir minggu atau akhir bulan untuk menagih invoice. Begitu pengiriman selesai, segera tagihkan ke pelanggan. “Biar sekalian selesai”. Pikiran ini akan memacu mereka untuk segera menyelesaikan pembayaran.
2. Berikan Pengingat Sebelum Jatuh Tempo
Begitu banyak aktivitas yang dilakukan pelanggan, sering kali membuat beberapa hal terlewat. Pastikan Anda mengirim.pengingat satu atau dua hari sebelum tanggal jatuh tempo. Jika invoice belum juga dibayar, kirim pengingat sehari setelahnya dan terus tindaklanjuti hingga pembayaran lunas.
3. Kirimkan Invoice Otomatis
Jika Anda telah menerapkan software invoice online seperti yang telah dibahas di atas, Anda tinggal mencari software manajemen invoice yang memiliki fitur pengingat (reminder) dan yang dapat menghasilkan faktur untuk pelanggan secara otomatis. Bisa pakai fitur Distri yang telah dijelaskan di atas ya!
4. Berikan Denda Keterlambatan
Terlambatnya pembayaran invoice oleh pelanggan juga berpotensi menghambat perputaran uang Anda. Berikan informasi di invoice bahwa jika pembayaran melewati tanggal jatuh tempo akan dikenakan denda. Hal ini dapat memotivasi pelanggan untuk lebih cepat melunasi pembayaran.
Baca lebih lanjut: Tips Penagihan Invoice Cepat & Bebas Fraud
Penasaran, apa lagi yang dapat Distri lakukan untuk bisnismu? Coba gratis sekarang dengan klik di sini.